Lompat ke konten
Situs bola dan prediksi skor
Beranda » Mengenal Syarat Stadion UEFA

Mengenal Syarat Stadion UEFA

Kategori stadion UEFA adalah sistem penilaian untuk stadion sepak bola yang diatur dalam Peraturan Infrastruktur Stadion UEFA.

Stadion-stadion ini dinilai sebagai kategori satu, dua, tiga, atau empat dalam urutan peringkat yang meningkat.

Kategori-kategori ini menggantikan metode sebelumnya dalam menilai stadion dengan skala satu hingga lima bintang pada tahun 2006.

Baca juga: William Saliba – Profil dan Biodata Pemain

Persyaratan Kategori Empat

Sebuah stadion harus dinilai sebagai kategori empat agar bisa menjadi tuan rumah pertandingan dalam babak playoff tahap kualifikasi Liga Champions UEFA, atau setiap pertandingan dalam kompetisi utama.

Kategori empat juga diperlukan untuk menjadi tuan rumah pertandingan dalam kompetisi utama Liga Eropa UEFA, Konferensi Liga Eropa UEFA, Liga Negara UEFA, atau turnamen final Kejuaraan Eropa UEFA.

UEFA tidak mempublikasikan daftar stadion yang memenuhi kriteria untuk setiap kategori yang ditentukan dalam Peraturan Infrastruktur Stadion UEFA.

Persyaratan Khusus

Jika atap yang dapat ditarik hadir, penggunaannya akan diarahkan melalui konsultasi antara delegasi UEFA dan wasit utama yang ditugaskan.

Meskipun kapasitas stadion minimum untuk kategori empat adalah 8.000, tetapi stadion ini diperlukan untuk menjadi tuan rumah final Konferensi Liga Eropa UEFA, dan hanya satu stadion dengan kapasitas kurang dari 60.000 telah dipilih untuk menjadi tuan rumah final Liga Champions UEFA dan final Piala Eropa UEFA, serta 30.000 untuk final Liga Eropa UEFA dan final Liga Negara UEFA sejak regulasi ini diperkenalkan pada tahun 2006.

Setelah final Liga Champions 2007, Presiden UEFA Michel Platini menyatakan bahwa ia ingin final Piala Eropa diadakan di stadion dengan kapasitas rata-rata 70.000 kursi untuk memecahkan masalah keamanan.

Tuan rumah untuk final antara tahun 2008 dan 2023 semuanya memiliki kapasitas minimal 70.000 kursi — kecuali final 2014 dan 2019 yang diadakan dengan kapasitas 65.000 kursi.

Dua final dimainkan selama pandemi virus corona pada tahun 2020 dan 2021 di stadion yang mencapai 50.000 kursi dengan jumlah penonton yang terbatas atau tanpa penonton sama sekali.

Baca juga: Wembley Stadium: Ikon Olahraga dan Hiburan di London

Bagikan bung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *