Lompat ke konten
Barcelona Bilbao
Beranda » Hat-Trick: Pengertian dalam Olahraga Sepak Bola

Hat-Trick: Pengertian dalam Olahraga Sepak Bola

Pengertian hat-trick pertama kali muncul pada tahun 1858 dalam dunia kriket, ketika H. H. Stephenson berhasil mengambil tiga wicket secara beruntun dengan tiga lemparan berturut-turut.

Penggemar kemudian mengumpulkan sumbangan untuk Stephenson dan memberikannya topi sebagai hadiah dari hasil sumbangan tersebut.

Istilah ini kemudian diadopsi oleh berbagai cabang olahraga lainnya seperti hoki, sepak bola, balap Formula 1, rugby, dan polo air.

Baca juga: Mengungkap Kontroversial Ben White dan Steve Hollanddi Timnas Inggris

Penggunaan dalam Sepak Bola

Di dunia sepak bola, hat-trick terjadi ketika seorang pemain berhasil mencetak tiga gol dalam satu pertandingan, meskipun tidak harus berturut-turut. Satu gol dalam satu pertandingan disebut brace.

Semua gol yang tercipta selama 90 menit regulasi, termasuk waktu tambahan jika diperlukan, dihitung, namun gol-gol dalam adu penalti dikecualikan dari perhitungan. Rekor tercepat mencetak hat-trick adalah 70 detik, dicetak oleh Alex Torr dalam pertandingan liga Minggu pada tahun 2013.

Ada hat-trick yang legendaris dalam sejarah sepak bola. Contohnya adalah hat-trick yang dicetak oleh Rivaldo untuk Barcelona melawan Valencia pada Juni 2001.

Bahkan hanya dalam 18 bulan dan 17 hari setelahnya, hat-trick tersebut sudah dianggap sebagai yang terbesar dalam abad ke-21.

Varian dan Penggunaan Lain

Selain dalam sepak bola, istilah hat-trick juga digunakan dalam olahraga lain seperti kriket, baseball, dan Gaelic football. Misalnya, dalam baseball, hat-trick sering digunakan ketika seorang pemain berhasil melakukan tiga home run dalam satu pertandingan.

Sedangkan dalam Gaelic football, hat-trick bisa merujuk pada gol atau poin yang berhasil dicetak oleh seorang pemain. Meskipun jarang, istilah hat-trick juga digunakan dalam sepak bola Amerika, terutama untuk menjelaskan pencapaian seorang pemain yang berhasil mencetak tiga touchdown dalam satu pertandingan.

Baca juga: Franz Beckenbauer Meninggal Dunia, Ini Sepak Terjangnya Selama Berkarir

Bagikan bung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *