Lompat ke konten
Situs bola dan prediksi skor
Beranda » Aturan Goal Kick dalam Sepak Bola

Aturan Goal Kick dalam Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga yang penuh dengan aturan dan regulasi. Salah satu momen penting dalam pertandingan adalah goal kick.

Goal kick bukan hanya sekadar momen untuk memulai kembali permainan, tetapi juga memiliki aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh pemain. Mari kita bahas lebih dalam tentang goal kick dalam artikel ini.

Apa Itu Goal Kick?

Goal kick adalah cara untuk memulai kembali permainan setelah bola melewati garis gawang terakhir kali disentuh oleh penyerang lawan. Saat momen ini terjadi, salah satu pemain dari tim yang bertahan dapat mengambil tendangan dari dalam area gawang mereka.

Aturan yang Harus Dipatuhi

  1. Tendangan dari Tempat yang Tepat: Goal kick harus dilakukan dari tempat yang tepat, yaitu dari dalam area gawang.
  2. Penalti bagi Pemain yang Melanggar Aturan: Lawan harus berusaha meninggalkan area penalti sebelum tendangan goal dilakukan. Jika ada pemain yang sengaja tetap berada di dalam area penalti atau masuk ke dalamnya sebelum tendangan goal dilakukan, maka tendangan goal harus diulang. Bahkan, tindakan seperti ini dapat membuat pemain lawan mendapat kartu kuning jika dilakukan berulang kali.
  3. Pencegahan Terhadap Waktu: Jika tendangan goal dilakukan dengan cepat sementara pemain lawan masih berada di dalam area penalti, pemain tersebut masih diperbolehkan untuk menyentuh atau menantang bola setelah bola dalam permainan.
  4. Penalti Jika Kicker Menyentuh Bola Kedua Kali: Jika pemain yang melakukan tendangan goal menyentuh bola kedua kalinya sebelum disentuh oleh pemain lain, maka akan diberikan tendangan bebas tidak langsung kepada tim lawan dari tempat pelanggaran terjadi. Namun, jika sentuhan kedua juga merupakan pelanggaran yang lebih serius, seperti melakukan handling, maka akan diberikan tendangan bebas langsung atau bahkan penalti jika terjadi di dalam area penalti dan penendang bukanlah penjaga gawang.

FAQ

1. Apakah pemain lawan boleh menghalangi atau menantang pemain yang melakukan tendangan goal?

Ya, jika pemain yang melakukan tendangan goal melakukannya secara cepat, pemain lawan masih diperbolehkan untuk menghalangi atau menantang bola setelah bola dalam permainan.

2. Apa yang terjadi jika pemain yang melakukan tendangan goal menyentuh bola kedua kalinya sebelum disentuh oleh pemain lain?

Jika pemain yang melakukan tendangan goal menyentuh bola kedua kalinya sebelum disentuh oleh pemain lain, maka akan diberikan tendangan bebas tidak langsung kepada tim lawan dari tempat pelanggaran terjadi.

Bagikan bung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *